Sunday, November 1, 2009

Pengajian Ahad Pon

Bapak JIYONO
(CODE TRIRENGGO BANTUL)

Ibadah Haji dan Ibadah Kurban

"Assalamu 'alaikum wr.wb.
Jamaah shalat subuh yang dirahmati Allah SWT.
Ibadah Haji merupakan Rukun Islam yang ke-5. Wajib hukumnya bagi kaum muslim yang mampu. Namun bagi yang belum mampu jangan berpasrah diri karena panggilan Allah terkadang tidak disangka dan diduga. Meskipun kita belum berkesempatan menjadi tamu Allah di Mekah dan Madinah. Namun setidaknya kita harus punya Niat untuk bisa pergi ke Baitullah. Karena dengan niat kita sudah dicatat oleh malaikat sebagai suatu amal.
Sekitar 40 hari para calon jemaah Haji melaksanakan Wajib, Sunat dan rukun haji. Semua melaksanakan dengan khusuk dengan harapan sepulangnya menunaikan ibadah haji, kembali ke tanah sir berpredikat menjadi haji yang mabrur. Dengan ditandai perilaku yang Islami di tengah2 kehidupan masyarakat.
Ibadah yang tidak kalah pentingnya dalam kaitan ibadah haji yaitu dengan mengeluarkan dan menyembelih hewan kurban. Hal ini dilaksanakan sebagai wujud pengamalan ibadah haji tersebut yaitu memperbanyak sedekah. Dan yang paling penting sebagai wujud solidaritas atas perilaku Nabi Ibrahim yang mendapat perintah dari Allah untuk menyembelih putranya Nabi Ismail.
Sedangkan hewan kurban dapat berupa unta, sapi, kerbau atau kambing. Dan setelah disembelih dagingnya dibagikan kepada para fakir miskin."





0 comments:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates