Sunday, November 29, 2009

Pengajian Ahad Legi

Bapak RACHMADI, S.Ag.

(PALBAPANG BANTUL)

HIKMAH KURBAN

Assalamu 'alaikum wr.wb.

Jamaah shalat subuh rahimakumullah puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita. Baru saja kita memperingati hari raya Idul Kurban. Aroma dari hewan kurban masih tercium oleh indra hidung kita. Semoga amal ibadah para shohibul qurban diterima Allah SWT. Namun darah dan daging hewan kurban tidak sampai kepada Allah, hanya kadar iman dan ketagwaannya yang diterima. Bagaimana niat, ibadah dari orang tersebut yang akan dinilai Allah SWT.

Adapun hikmah kurban, antara lain:

1. Ibadah kurban mengajarkan sekaligus menegaskan konsep ketauhidan sebagaimana yang telah diajarkan oleh nabi Ibrahim as dan putranya Ismail as. Bahwa “Tiada tuhan selain Allah” yang patut kita jadikan sandaran dalam hidup ini.

2. Mengajarkan kepada untuk berjiwa sosial dan termotivasi untuk kaya. Sebab apa, mungkin masih menjadi hal yang mustahil dilaksanakan bila kita harus berkurban setiap tahun, maka dengan hal ibadah kurban ini akan memacu dan memotivasi ummat islam agar mau bekerja keras dan menabung untuk bisa berkurban dan mau berbagai kepada sesamanya yang hidup jauh dari keberuntungan.

3. Menjadi ujian untuk melihat tingkat ketakwaan diri kita. Semakin mahal hewan kurban yang akan kita kurbankan apakah terbersit rasa sayang atau enggan bila ditujukan untuk beribadah kepada Allah SWT.



0 comments:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates